Perkembangan Teknik Pengiriman Pesan




Meskipun ada anggapan yang mengatakan adalah ide yang menghasilkan pengetahuan, tetapi baik ide maupun pengetahuan adalah produk dari pengalaman. Secara psikologis, ini berarti seluruh perilaku manusia, kepribadian, dan temperamen ditentukan oleh perilau masa lalu.


Apa yang telah terjadi di masa lalu addalah sebuah pengalaman yang mengajarkan hal-hal untuk sesuatu yang baru. Pengalaman akan kesulitan berkomuniasi maupun pengiriman pesan dalam komunikasi itu sendiri telah mengajarkan manusia untuk terus mencari dan menyempurnakan suatu proses komunikasi yang lebih efektif daripada sebelumnya.

Misalnya penentuan lambang atau simbol-simbol yang dipahami bersama, adalah pengaruh dari keterbatasan dan kesulitan berkomunikasi pad amasa sebelumnya yang dikarenakan oleh belum ditentukannya kesamaan lambang dan simbol tersebut.
Sejak zaman primitif sampai sekarang, semua kelompok manusia tergantung pada komunikasi tatap mata, berhadap-hadapan. Akan tetapi diperukan adanya sistm mengirim pesan untuk mengatasi ruang dan waktu.

Dikisahkan bahwa Persia tua telah mendirikian serangkaian menara yang dinamakan “Pos Seruan”, dan menepatkan orang yang bersuara nyaris dan keras atasnya untuk meneruskan berbgai pesan dengan cara berteriak, beranting dari satu menara ke menara yang lainnya.

Orang Romawi mengoperasikan suatu organisasi pelayanan kurir yang dinamakan Cursus Publicus antara tahun 1305 sampai awal tahun 1800-an. Perusahaan House of Taxis telah menyelenggarakan suatu bentuk pelayanan kilat berkuda di seluruh Eropa. Pada tahun 1628, organisasi ini memperkerjakan 20.000 karyawan. Pada kurirnya berseragam biru dan perak menjelajahi seluruh Eropa dengan membawa pesan antara para Pangeran dan Jendral, Saudagar dan peminjam uang.

Kantor pos adalah saluran pertama yang terbuka lebar bagi komunikasi era industri. Pada tahun 1837, kantor pos Inggris bukan saja membawa berbagai pesan kaum elit, tetapi juga melayani 88 juta kiriman setahun, suatu komunikasi yang luar biasa volumenya dalam ukuran waktu itu.

Pada tahun 1960, ketika era Industri mencapai puncaknya, jumlah itu mencapai 10 miliaran kiriman. Pada tahun yang sama, kantor pos Amerika Serikat mendistribusikan rata-rata terdapat 355 kiriman pos dalam negeri persetiap pria, wanita dan anak di negeri itu.

Referensi :
http://silontong.com
http://zamrishabib.wordpress.com
http://chrezsoft.blogspot.com
https://smpnduakartasura.wordpress.com


banner
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.:

Harap Berkomentar dengan Bijak