Meskipun
ada anggapan yang mengatakan adalah ide yang menghasilkan pengetahuan, tetapi
baik ide maupun pengetahuan adalah produk dari pengalaman. Secara psikologis,
ini berarti seluruh perilaku manusia, kepribadian, dan temperamen ditentukan
oleh perilau masa lalu.
Apa
yang telah terjadi di masa lalu addalah sebuah pengalaman yang mengajarkan
hal-hal untuk sesuatu yang baru. Pengalaman akan kesulitan berkomuniasi maupun
pengiriman pesan dalam komunikasi itu sendiri telah mengajarkan manusia untuk
terus mencari dan menyempurnakan suatu proses komunikasi yang lebih efektif
daripada sebelumnya.
Misalnya
penentuan lambang atau simbol-simbol yang dipahami bersama, adalah pengaruh
dari keterbatasan dan kesulitan berkomunikasi pad amasa sebelumnya yang dikarenakan
oleh belum ditentukannya kesamaan lambang dan simbol tersebut.
Sejak
zaman primitif sampai sekarang, semua kelompok manusia tergantung pada
komunikasi tatap mata, berhadap-hadapan. Akan tetapi diperukan adanya sistm
mengirim pesan untuk mengatasi ruang dan waktu.
Dikisahkan
bahwa Persia tua telah mendirikian serangkaian menara yang dinamakan “Pos
Seruan”, dan menepatkan orang yang bersuara nyaris dan keras atasnya untuk
meneruskan berbgai pesan dengan cara berteriak, beranting dari satu menara ke
menara yang lainnya.
Orang
Romawi mengoperasikan suatu organisasi pelayanan kurir yang dinamakan Cursus
Publicus antara tahun 1305 sampai awal tahun 1800-an. Perusahaan House
of Taxis telah menyelenggarakan suatu bentuk pelayanan kilat berkuda di
seluruh Eropa. Pada tahun 1628, organisasi ini memperkerjakan 20.000 karyawan. Pada
kurirnya berseragam biru dan perak menjelajahi seluruh Eropa dengan membawa
pesan antara para Pangeran dan Jendral, Saudagar dan peminjam uang.
Kantor
pos adalah saluran pertama yang terbuka lebar bagi komunikasi era industri.
Pada tahun 1837, kantor pos Inggris bukan saja membawa berbagai pesan kaum
elit, tetapi juga melayani 88 juta kiriman setahun, suatu komunikasi yang luar
biasa volumenya dalam ukuran waktu itu.
Pada
tahun 1960, ketika era Industri mencapai puncaknya, jumlah itu mencapai 10
miliaran kiriman. Pada tahun yang sama, kantor pos Amerika Serikat
mendistribusikan rata-rata terdapat 355 kiriman pos dalam negeri persetiap
pria, wanita dan anak di negeri itu.
Referensi
:
http://silontong.com
http://zamrishabib.wordpress.com
http://chrezsoft.blogspot.com
https://smpnduakartasura.wordpress.com
0 Please Share a Your Opinion.:
Harap Berkomentar dengan Bijak