Kemajuan Teknologi Komunikasi



Komunikasi makin berkembang dengna ditemukkannya mesin cetak di Cina pada abad ke-10 yang meluas ke Jepang pada abad ke-12. Akhirnya komunikasi mulai dapat menembus jarak dan waktu, terutama setelah Johannes Gutenberg, menemukan mesin cetak pada tahun 1440. 


Perkembangan komunikasi makin sempurna dengan adanya berbagai penemuan baru. Louis Daguerre menemukan fotogfrafi yang dapat mengabdikan rupa dan peristiwa pada tahun 1822. Samuel Morse menemukan alat komunikasi berupa telegrafi jarak jauh pertama yaitu sekitar jarak 64 kilomete pada tahun 1844.


Thomas Alva Edison menemukan perekam bunyi pertama yang disebut dengan Fonograf yang dapat digunakan untuk mengabdikan koomunikasi lisan secara praktikal di tahun 1877. Alexander Graham Bell pun menemukan telepon yang dapat memperepat komunikasi pengganti suara yag sangat memakan waktu dan tenaga di tahun 1876.

Guglielmo Marconi menemukan radio telegrafi pada tahun 1898, disusun dengan penemuan radio teleponi oleh Reginald Fressenden pada tahun 1900 dan pada malam natal tahun 1906 Fressenden merintis siaran radio pertama di dunia.

Selanjutnya Edison menemukan film bicara di tahun 1913. Televisi dirintis oleh Paul Nipkov pada tahun 1883. Sejak tahun 1935, televisi merupakan alat komukasi mutakhir. Sementara itu televisi muncul di eropa pada awal tahun 1930-an dikarenakan jaringannyaa meluas setelah Perang Dunia II yang mempercepat penyampaian berrita dalam media massa.

Setelah ditemukannya kapal api oleh Robert Fulton pada tahun 1807. Kereta Api ditemukakan oleh  George Stephenso pada tahun 1825, serta pesawat terbang oleh kedua bersaudara Wilbur dan  Orville Wright pada tahun 1903, hal ini merupakan penyempurnaan teknologi pengangkutan yang langsung mempengaruhi kelancaran komunikasi.

Tahun-tahun tersebut adalah tahapan di mana komunikasi terus mengalami kemajuan dan penyempuraan. Bahkan di masa sekarang kita mengenal yang namanya internet, handphone, komputter serta beragam teknologi komunikasi yang sudah menggunakan teknik digital.
banner
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.:

Harap Berkomentar dengan Bijak